Pekerjaan Rumah yang tidak boleh di lakukan oleh ibu hamil

By | January 2, 2017

Memang sudah tugas ibu mengerjakan beberapa pekerjaan rumah, sementara bapak bekerja keras diluar mencari nafkah. Tapi bagaimana bila ibu sedang hamil atau mengandung? apakah tidak apa-apa mengerjakan tugas rumah ?. Pekerjaan Rumah yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil harus di ketahu oleh anda, sebab penting sekali untuk kesehatan ibu hamil dan janin kedapanya.

Ketika ibu mengandung atau hamil ibu boleh saja mengerjakan tugas/pekerjaan rumah. Tapi ada beberapa pekerjaan rumah yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, sebab bisa berbahaya untuk janin nya dan ibu hamil itu sendiri. Pekerjaan rumah apakah itu ?.

pantangan pekerjaan rumah pada ibu hamilKetika ibu sedang mengandung tentunya tidak boleh melakukan pekerjaan rumah yang berat-berat, seperti mengangkat kasur dan sebagainya. Penyebabnya karena ketika hamil seorang ibu mengalami perubahan hormon yang bisa membuat pengjhubung dan ligamen menjadi lemah. Jadinya ibu hamil sangat rawan dan mudah sekali mengalami cedera otot ketika memindahkan benda yang bobotnya cukup berat. Efek yang sangat serius mungkin bisa menyebabkan pecahnya ketuban, , pendarahan, dan bayi lahir prematur.

Tapi bukan itu saja ada juga pekerjaan yang sangat beresiko tinggi menyebabkan gangguan pada janin, yaitu membersihkan kotak kotoran kucing.

Bila anda memelihara kucing di rumah dan ibu hamil membersihkannya sebaiknya jangan di lakukan oleh ibu hamil, bisa dilakukan oleh anggota keluarga lainnya, sebab bila dilakukan oleh ibu hamil bisa menyebabkan resiko terinfeksi virus toksoplasmosis. Ibu hamil senantiasa harus memperhatikan kebersihannya secara benar, bakteri toksoplasma dapat menyerang ibu hamil ketika makan, menyentuh hidung, teruama saat membersihkan kotoran kucing.

Efek dari penyakit ini cukup serius dapat menyebabkan bayi lahir cacat, dan kerusakan struktural maupun neurologis jangka panjang, bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Ibu hamil juga tidak disarankan untuk bersentuhan dengan bahan-bahan kimia seperti memberihkan wc dengan zat kimia pembersih wc dan sebagainya. Ibu hamil juga harus menghindari resiko terjadi, hindari pekerjaan yang menyebabkan resiko jatuh seperti mengepel dan sebagainya. Ibu hamil harus membaasi aktifitasnya. Lantas bagaimana untuk mengerjaan pekerjaan rumah yang tidak bisa dilakukan oleh ibu hamil ? sebaiknya gantikan dulu dengan anggota keluarga yang sehat, karena pada dasarnya fungsi dari keluarga adalah saling bantu membantu, jaga keharmonisan keluarga anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *