Tanda dan Efek dari Abusive Head Trauma (AHT)

By | June 3, 2015

Obat Anak dan Ibu Hamil – Ketika para orangtua memberikan suatu ekspresi kecintaan atau rasa sayang pada anaknya biasanya diungkapkan dengan berbagai cara, apalagi pada saat sang anak sedang dalam masa lucu-lucunya. Cara yang biasa dilakukan oleh orangtua dalam melampiaskan rasa cintanya yaitu dengan mengayunkan sambil berusaha membuat sang anak bahagia dan tertawa. Namun, dalam melampiaskan rasa cinta dengan cara mengayunkan anak ini haruslah dengan hati-hati, karena apabila mengayunkan dengan keras dan dalam jangka waktu tertentu, maka bisa aja sang anak mengalami Abusive Head Trauma (AHT) atau adanya cedera pada bagian kepala.

Obat Anak dan Ibu Hamil

Untuk mengatahui itu, disini saya akan memberikan penjelasanan tentang Tanda dan Efek dari Abusive Head Trauma (AHT) pada anak yang memang biasanya dialami oleh mereka :

Tanda atau Faktor Pemicu Abusive Head Trauma (AHT)

Pada semua kasus yang melandai cedera dibagian kepala termasuk Abusive head trauma (AHT), terdapat beberapa faktor atau tanda yang dapat mempengaruhi keparahan trauma yang dialami oleh penderita. Misalkan, kekuatan goncangan yang diberikan, durasi, dan juga seberapa sering goncangan itu dilakukna.

Pada sebagian kasus yang sudah parah, biasanya penderita trauma AHT ini akan dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan yang tidak sadar, karena shock. Tapi, pada anak-anak biasanya tidak perlu dibawa kerumah sakit apabila tidak menunjukan tanda-tanda yang serius.

Efek Abusive Head Trauma (AHT)

Pada kasus yang memang terbilang belum parah, dalam mengayunkan atau menggoncangkan anak, ternyata akan mengalami beberapa gejala seperti : lesu, gampang marah, muntah, nafsu makan berkurang, sesak nafas, jarang tersenyum, kurangnya oksigen, ukuran pupil tidak sama, tidak bisa mengangkat kepala, dan kesulitan untuk memfokuskan mata dengan pergerakannya. Efek dari trauma AHT ini sama sekali tidak bisa disembuhkan, dan dari sekitar 1 sampai 4 kasus AHT dapat menyebabkan kematian.

Anak orang yang memang selamat dari trauma AHT ini maka dimungkinkan akan mengalami masalah pada penglihatan (kebutaan) baik itu satu, ataupun semuanya, kejang, tidak bisa mendengar, terhambatnya masa pertumbuhan, gangguan belajar dan sulit berbicara. Pada kasus yang lebih parah, biasanya anak akan mengalami gangguan pada ingatan mereka, pertumbuhan mental, sampai dengan kerusakan pada bagian otak yang berfungsi untuk mengatur gerakan-gerakan tubuh.

Pada jenis kasus yang ringan, biasanya sang anak akan terlhiat baik-baik saja setelah terjadinya goncangan. Tapi, mereka akan menunjukan gejala tertentu diwaktu yang lain, dan itu bisa dilihat pada saat mereka masuk pada masa pertumbuhan dalam umur sekitar 5 atau 6 tahun yang ditandai dengan kelainan pada prilaku mereka. Namun memang ini sangat sulit untuk menghubungkannya dengan trauma AHT karena waktu yang cukup lama dan biasanya para orangtua akan menganggap ini akibat dari pergaulan mereka.

Diatas sudah dijelasakan bagaimana Tanda dan Efek dari Abusive Head Trauma (AHT) yang bisa menyerang anak anda. Untuk itu, perhatikanlah kesehatan anak anda meskipun itu dari hal yang spele agar sang buah hati terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Tanda dan Efek dari Abusive Head Trauma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *